BERHENTI sejenak, untuk MENANG

Tak selamanya berhenti adalah kalah. Betapa berharganya sebuah pemberhentian bagi upaya meraih kemenangan dalam sebuah event perlombaan. Balap mobil Formula 1 contohnya. Pertanyaannya, apa yang harus dilakukan saat berhenti?

Ternyata, hal terpenting dalam strategi untuk memenangkan perlombaan adalah ‘berhenti sejenak’ (pit-stop). Tak seorang pembalap, betapa pun kencangnya mereka melaju, bisa memenangi lomba tanpa mengambil Pit-stop. Lomba Formula 1 adalah soal adu kecepatan dan strategi, dan kemenangan sering ditentukan oleh soal penentuan waktu serta manajemen pit-stop itu.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, pit-stop dapat mewujud dalam berbagai bentuk. Mengikuti pelatihan atau pencerahan. Membaca buku yang mencerahkan. Berdo’a dengan penuh kesungguhan. Istirahat makan siang. Bercengkerama dengan keluarga. Mengobrol dengan sahabat dll. Pit-stop membantu kita meraih kehidupan yang utuh.

Bila kita terlalu sibuk, kita akan lupa menikmati hidup. Kita banyak kegiatan, namun kita lupa apa yang kita lakukan dan untuk apa kita melakukannya. Kita hanya melakukannya, tapi tanpa hati, tanpa visi tanpa jiwa. Walau sibuk, namun hidup kita kering dan gersang.

Lakukanlah pit-stop, maka hidup anda akan semakin bermakna. Keberadaan anda dirindukan orang-orang di sekitar. Pit-stop menjadikan hidup kita lebih hidup.

DUMAS, 20-02-2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *