SMP Khadijah Raih 3rd Winner National English Olympiad 2013

SMP Khadijah  terus  mengukir prestasi di tingkat Nasional. Kali ini, Cahayu “Arum” Mintasnim, siswi kelas 8-A  berhasil menjadi juara ke-3 pada acara National English Olympiad 2013  di  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) (31/1). Kompetisi ini diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan American Corner,

Sebelum masuk final National English Olympiad 2013, arum bersama peserta lainnnya dari seluruh Indonesia harus berjuang lolos semifinal yang dilaksanakan satu hari sebelumnya (30/1). Akhirnya, dari seluruh peserta yang mengikuti, hanya ada 15 peserta terbaik yang dinyatakan lolos maju ke babak final. “Alhamdulilah Arum peringkat ke-5 di semifinal dengan skor 68.83, dan berhak ikut final besok (31/1),” kata miss Ella guru pembimbing Arum sekaligus guru bahasa ingggris SMP Khadijah . Usai dinyatakan lolos ke final,  Arum bukannya meningkatkan lagi belajarnya, melainkan hanya santai saja untuk mengadapi test besoknya. “Memang saat itu tidak ada kegiatan belajar yang begitu berarti untuk menghadapi final besok. Yah, boleh jadi sebelumnya sudah banyak bimbingan. Saya yakin dalam santainya dia mensimulasikan apa yang sudah dia pelajari bersama Miss Ella dan Miss Nurul,guru bahasa inggris SMP Khadijah, dia kan cerdas”, kata miss Rima yang saat itu juga menemani Arum selama Olimpiade. “Kami hanya memberikan sedikit motivasi baik saja untuk dia, supaya tetap confidence menghadapi test-test dari juri besok”, lanjut miss Ella.

Di babak Final, jenis test ternyata berupa game. Dimana tiap finalis dibagi menjadi 5 kloter (istilah yang dipakai untuk kelompok atau grup), tiap satu kloter terdiri dari 3 finalis. Game disini adalah, bahwa tiap kloter akan menyelesaikan 5 pos, dimana tiap po-pos tersebut terdapat Dosen, Mahasiswa dan Karyawan Universitas Muhammadiyah Malang  yang harus diwawancarai dan siap memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk para finalis.

Alhasil, dari 5 pos tersebut ternyata Arum hanya mampu menyelesaikan 4 pos saja. Pada akhirnya dari sekian game yang ada dan dari sekian finalis yang mengikuti olimpiade ini, Cahayu Arum mampu menjadi juara ke-3. National English Olympiad ini akan mengambil juara untuk masing-masing jenjang SMP (kelas 7, 8 dan 9) untuk para finalis 3 juara utama dan 3 juara harapan.

Atas kemenangan ini Arum berhak mendapatkan 1 medali perunggu, 1 tropi dan uang tunai sebesar Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah). Selain itu panitia penyelenggara juga memberikan uang tunai 1 juta rupiah untuk pembinaan selama mengikuti olimpiade ini.

Tak henti-hentinya ucapan selamat diberikan kepada Arum, ada yang memberikan SMS, menempelkan pamflet di mading sekolah dan bahkan menyambut bak pahlawan.

SMP Khadijah mempunyai program pengayaan bagi siswa-siswi yang telah mencapai Standar Ketuntasan lebih cepat  dari umumnya. Selain itu juga memberikan bimbingan belajar (Bimbel) bahasa inggris untuk kelas 7 dan pilihan untuk kelas 8. Tak terkecuali Arum, dia selalu aktif mengikuti pelajaran di kelas sehari-hari. “Masalahnya anak Saya itu cuman kurang pede aja…”, sahut Pak Hilmi ayah Arum sambil tersenyum bangga. Sebagai ayah tak henti-hentinya selalu memberikan support kepada putrinya itu, semoga hal ini menjadi motivasi teman-temannya untuk selalu meningkatkan aktifitas belajar dan semangat untuk menjadi juara, begitulah harapan dari Ayah Arum yang juga menjadi guru TIK di SMP Khadijah.

Selamat…Ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *