Tingkatkan Kompetensi Alquran, Khadijah Gelar Munaqosyah Tartil

Unit pendidikan Yayasan Khadijah mulai TK, SD, SMP dan SMA Khadijah menggelar kegiatan munaqosyah tartil Alquran (Sabtu, 24/2) tingkat PIQ (Pesantren Ilmu Alquran) yang dipimpin KH.Bashori Alwi Murtadlo, Singosari Malang. Kegiatan yang bertujuan untuk menseleksi kompetensi baca Alquran diikuti oleh 415 siswa Khadijah. Dari data yang diterima panitia, diketahui bahwa peserta Munaqosyah Alquran tingkat PIQ adalah peserta yang sudah lulus seleksi tingkat sekolah dan tingkat Yayasan awal Januari.

Peserta seleksi  mengikuti pembukaan bersama-sama di aula Yayasan Khadijah yang dihadiri oleh Pengurus Yayasan Khadijah, para kepala sekolah Khadijah, Direktur Bil Qolam  PIQ Singosari Malang (KH. Anas Bashori Alwi, putra sulung KH. Bashori Alwi Murtadlo) dan tim munaqisy PIQ yang berjumlah 14 orang. Dalam sambutan dan sekaligus membuka secara resmi, Ketua I Yayasan Khadijah, Prof Dr. Surahmat, M.Si  menyampaikan bahwa siswa yang mempunyai nilai plus di bidang Alquran akan menjadikan siswa semakin unggul. Contohnya di perguruan tinggi, banyak mahasiswa yang mempunyai kompetensi tahfidz Alquran nilai akademiknya juga semakin bagus sehingga mudah mendapat beasiswa. “ oleh karena itu, di sekolah Khadijah, pembelajaran Alquran ini harus terus dikembangkan dan terus dikembangkan supaya anak-anak semakin mencintai Alquran dalam kehidupan kesehariannya kelak” harap guru besar bidang matematika.

Dalam kesempatan sambutan berikutnya, Direktur Bil Qolam, KH. Anas Bashori Alwi menyampaikan bahwa kemuliaan orang-orang yang Ahlul Quran itu akan mendapatkan syafaat dari Alquran di hari qiyamat nanti.” Maka kita harus senantiasa terus belajar dan belajar Alquran supaya termasuk dalam golongan ahlul quran” pungkas Gus Anas, putra sulung KH.Bashori Alwi.

KH. Anas Bashori Alwi

Lebih lanjut, sekretaris panitia munaqosyah, Ustadz H. M. Rochman Firdian, menyampaikan bahwa seleksi tingkat PIQ yang diikuti oleh 415 siswa dibagi dalam 14 majlis.Setiap majlis ada 30 siswa. Di samping itu,guru agama SMP Khadijah itu menyampaikan bahwa selain munaqosyah tartil juga ada munaqosyah tahfidz yang dilaksanakan pada hari senin (26/2) dan diikuti oleh 150 siswa. Siswa yang lulus munaqosyah tartil dan tahfidz akan diwisuda pada gebyar prestasi alquran tanggal 10 Maret 2018 sebagai agenda tahunan Yayasan Khjadijah.

berikut adalah prosesi munaqosyah :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *