Ribuan Siswa Dukung Deklarasi Unas Jujur

Bojonegoro (beritajatim.com) – Hampir setiap tahun, ribuan siswa tingkat sekolah dasar (SD) sampai Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sepakat untuk melaksanakan ujian nasional (Unas) dengan jujur.

Sabtu (23/1/2010), ribuan siswa kembali berkumpul di Alun-alun Kabupaten Bojonegoro. Mereka mengikuti deklarasi Unas 2010 dengan jujur.

Deklarasi jujur kali ini juga dihadiri perwakilan Dinas Pendidikan (Dindik) Pemprov Jatim Suwanto dan sejumlah pejabat tinggi negara di Bojonegoro, serta sSelaku pembina Bupati Bojonegoro Suyoto.

Kepala Dindik Bojonegoro, Zaenudin, kepada beritajatim.com menyebutkan, kalau deklarasi kejujuran ini bukan hal baru di Bojonegoro. “Tapi sangat diperlukan, agar murid peserta Unas siap menghadapi kegiatan pada Maret mendatang,” katanya.

Diterangkan, majunya jadwal Unas menjadi pil pahit bagi para siswa. Sebab, untuk semua penyelenggara ujian diharapkan benar-benar jujur dan memberikan sanksi yang tegas apabila ada yang melakukan kecurangan. “Kami tidak akan memberikan toleransi kepada mereka yang mengotori Unas kali ini,” sambungnya.

Sementara itu, jumlah peserta Unas tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Untuk tingkat SMP sederajat diikuti sebanyak 19.361 siswa, naik dari tahun sebelumnya yang hanya 18.788 peserta.

Sedangkan untuk tingkat SMA sederajat, jumlahnya mencapai 12.085 siswa, bertambah 10 persen dari tahun ajaran sebelumnya 10.876 siswa. [dul/kun]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *