RAKER YAYASAN KHADIJAH 2017 : Khadijah Bangkit, Berkarakter Islami, dan Berprestasi

Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial Nahdlatul Ulama Khadijah menyelenggarakan rapat kerja tahun 2017, Ahad (24/09) di hotel Mercure Grand Mirama, jalan raya Darmo Surabaya. Kegiatan rutin tahunan itu dihadiri 100an orang mulai dari jajaran pembina, pengawas,ketua umum (Dra.Hj. Khofifah Inndar Pawasa) pengurus, pimpinan unit pendidikan dan pimpinan unit sosial di lingkungan Yayasan Khadijah. Dewan pembina yang hadir yaitu : Prof, Dr. H.M. Ridlwan Nasir, MA, Dra.Hj. Masruroh Wachid, M.Si, dan Hj. Djazilah Rahma, BA.

      Foto bersama Pengurus, Kepala Sekolah, dan Kepala LPMP

Acara yang dimulai pada pagi hari jam 08.30 WIB dibuka secara resmi oleh ketua pembina Yayasan Khadijah yakni : bapak Prof. Dr. H.M. Ridlwan Nasir, MA. Dalam sambutannya, guru besar UIN Sunan Ampel Surabaya itu menyampaikan nilai-nilai/prinsip yang harus dipegang dalam rangka mengelola Yayasan Khadijah di usia lembaga yang sudah cukup senior, 63 tahun, yaitu : As Syumuliyah (penerapan nilai-nilai universal termasuk mengedepankan akhlaq), At Tawazun ( keseimbangan antara olah dzikir dan pikir, diharapkan anak-anak Khadijah adalah anak-anak yang benar, berakhalq dan pintar/cerdas), At Tabayyun ( program-program Yayasan, sekolah dan unit sosial merupakan program yang mempunyai kejelasan dan detail untuk mencapai tujuan yang diharapkan).

Prof. Dr. H.M. Ridlwan Nasir

Beliau menambahkan bahwa prinsip yang harus dipegang supaya yayasan Khadijah mampu dan meningkatkan kesuksesannya adalah At Tanassub (keterkaitan, program-program atau kegiatan yang dilaksanakan memiliki keterkaitan antara yang satu dengan yang lainnya dalam menjawab visi-misi Yayasan Khadaijah yaitu membentuk SDM yang unggul dan kompetitif), At Taqoddum (kemajuan, program dan kegiatan yang dilaksanakan berorintasi dalam kemajuan suatu bangsa dan negara) dan Al Kamalul Insan ( menuju kesempurnaan manusia).

Prof. Dr. H.Moh. Ali Aziz, M.Ag

Setelah sambutan pembina, acara pembukaan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh bapak Prof. Dr. H.Moh. Ali Aziz, M.Ag yang juga ketua pengawas Yayasan Khadijah.

RAKER YAYASAN KHADIJAH 2017 : Kunci Peningkatan Kualitas Guru adalah Kesadaran Seorang Guru untuk Berubah

Drs. Bambang Agus Susetyo, M.M, M.Pd.

Usai ceremony pembukaaan, dilanjutkan sesi diskusi peningkatan kualitas guru dengan menghadirkan narasumber Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Timur, Drs. Bambang Agus Susetyo, M.M, M.Pd. dimoderatori oleh Dra. Hj. Yulia Istianah, diskusi yang mengambil tema “strategi pengembangan kualitas guru untuk mencetak generasi emas yang berakhlaqul karimah” berlangsung dengan lancar dan mendapat respon positif dari peserta raker.
Dalam paparannya, narasumber yang tugas pertama kalinya adalah seorang guru di daerah Tulung Agung  pada tahun 1980an itu menjelaskan bahwa kata kunci dari peningkatan kualitas guru adalah adanya kesadaran pada pribadi seorang untuk terus berubah meningkatkan kualitas dirinya. “ sekarang kita kasih baseline kondisi kualitas kita sudah sejauh mana?.kemudian ke depan kita cek kualitas kita sudah meningkat sampai di mana terkait tugas mulia sebagai seorang guru?”, katanya di depan peserta rapat tahunan itu. Beliau menambahkan bahwa guru pasti mempunyai banyak cara untuk mendidik anak-anak menjadi sukses.
Salah satu dari peserta raker menyampaikan sebuah pertanyaan bagaimana caranya melahirkan anak-anak yang berprestasi meraih medali emas tingkat nasional. Mantan kepala SMPN Tulung Agung itu menjawab bahwa anak-anak yang memilki nilai A di bidang olimpiade sains diajak bersama tim gurunya belajar ke para ahli di perguruan tinggi semisal UNESA. “mereka para siswa sudah disiapkan jauh hari, sehingga kalau ada olimpiade sains tinggal mencari anak yang peringkat 1-3 untuk diikutkan lomba”, katanya sambil mengucap syukur telah berhasil bertahun-tahun mengantarkan anak didiknya memperoleh medali emas olimpiade sains nasional. “ Khadijah harusnya lebih mampu karena di sini dekat dengan para ahli yang berada di perguruan tinggi ternama di kota Surabaya” harapnya menyemangati para pimpinan sekolah peserta raker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *