Peringatan Hari Lahir Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial Nahdlatul Ulama Khadijah Ke-63

Agustus 2017 adalah bulan istimewa, selain secara nasional kita memperingati hari kemerdekaan, secara khusus, Yayasan Khadijah merayakan hari lahir Yayasan Khadijah yang ke 63.
Ya 63 tahun lalu para ulama dan cendekiawan NU Surabaya berjuang mendirikan sekolah mualimat yang kelak menjadi cikal bakal Yayasan Khadijah. K.H ABDUL WAHAB TURCHAM adalah guru sekaligus pendiri Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial Nahdlatul Ulama Khadijah, pada 2 Dzulhijjah 1373 H atau bertepatan dengan 1 Agustus 1954. Pemilihan waktu tersebut mengandung makna dan hikmah yang diharapkan akan menjadi pemicu dan motivasi bagi para pelaksananya: 1 Agustus 1954 jika diartikan berdasarkan kata sangkala maka : 1 = Asal, 8 = Harapan, 1 = Ada, 9 = Ilmu, 5 = Emas, 4 = Dapat. Jadi ” Asal Harapan Ada Ilmu Emas Dapat”.
Kini 63 tahun sudah lembaga ini berdiri, saat ini berkembang melayani kebutuhan pendidikan masyarakat Indonesia. 63 sendiri adalah angka istimewa, karena di usia inilah Sang Nabi agung wafat, 6+3 adalah 9 yang berarti wali songo (jumlah bintang di lambang Yayasan Khadijah).
Jumlah 9 ini juga menjadi jumlah unit pendidikan yang secara resmi sudah beroperasi di Yayasan Khadijah (1. TK Khadijah, 2. TK Khadijah Pandegiling,3. TK Khadijah Wonorejo, 4. SD Khadijah, 5. SD Khadijah 3, 6. SD Khadijah Pandegiling, 7. SMP Khadijah, 8. SMP Khadijah 2, dan 9. SMA Khadijah).
Secara kultural, Yayasan Khadijah juga mendirikan pendidikan berbasis pesantren yakni pesantren Putra dan Pesantren Putri Khadijah


Dalam peringatan ulang tahun ke 63 ini Yayasan Khadijah menyelenggarakan kegiatan jalan sehat yang melibatkan sekitar 300 murid, wali murid dan guru. Hadiah utama jalan sehat ini adalah sepeda motor disamping ratusan hadiah hiburan yang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *