Kepala Sekolah Khadijah Laporkan Kinerja dan Prestasi Sekolah [ Part II ]

Setelah sesi kepala sekolah KB-TK Khadijah, agenda berikutnya adalah presentasi para kepala sekolah SD Khadijah. Ada 3 kepala sekolah SD Khadijah yang melaporkan kegiatan dan prestasi satu tahun terakhir. Dimulai dengan presentasi kepala sekolah SD Khadijah, bapak Syifaul Khoir, S.Ag, M.Fil.I. Kepala sekolah yang pakar bahasa arab dan filsafat itu mengatakan bahwa pembangunan sarana gedung baru SD Khadijah 2 lantai di lokasi belakang kantin Yayasan Khadijah sudah selesai dan bisa fungsikan dengan baik.” Semoga dengan ruang kelas baru 2 lantai mampu menambah layanan optimal kepada siswa” harap kepala sekolah yang sedang menyelesaikan program doktoral di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Selain itu,program bidang akademik juga terus ditingkatkan termasuk juga penguatan pembelajaran kurikulum Cambridge. Di bidang agama, pembiasaan dan pembelajaran alquran menjadi program unggulan juga perlu ditingkatkan manfaatnya.

Kepala Sekolah SD Khadijah ( Syifaul Khoir, S.Ag, M.Fil.I. )

     Kepala Sekolah SD Khadijah 3 ( Nurul Hidayati, S.Ag, M.Pd.I. )

Presentasi kedua untuk kelompok sekolah dasar adalah pemaparan dari kepala sekolah SD Khadijah 3, Ibu Nurul Hidayati, S.Ag, M.Pd.I. Kepala sekolah di wilayah Surabaya barat itu mengatakan bahwa kegiatan dan program SD Khadijah tahun kemarin yang menjadi unggulan adalah bidang literasi anak-anak. Sekolah yang sedang melakukan penyelesaian tahap pembangunan gedung baru itu telah berhasil menciptakan iklim dan budaya literasi. Salah satu buktinya adalah penulisan buku komik karya siswa-siswa SD Khadijah 3. “sampai-sampai orang tua begitu bangganya kalau anaknya sekarang sudah jadi penulis cilik dan siap membantu biaya untuk memperbanyak karya buku tersebut”, ungkap kepala sekolah  yang mempunyai hobi menulis. “Selain bidang literasi, pembiasaan amaliah aswaja, sholat dhuhur berjamaah dan pengembangan kompetensi Alquran menjadi program unggulan wajib. Karena ini adalah harapan semua wali  murid yang menyekolahkan anaknya di sini (SD Khadijah 3, red)”, lanjut kepala sekolah yang sudah meyelesaikan ujian doktoralnya di Universitas Islam Malang (UNISMA).

Kepala Sekolah SD Khadijah Pandegiling (Suhadi, S.Pd.I. )

Kesempatan berikutnya diberikan kepada kepala sekolah SD Khadijah Pandegiling, Bapak Suhadi, S.Pd.I. Kepala sekolah  alumni IAIN Sunan Ampel Surabaya (sekarang UIN Sunan Ampel Surabaya, red) mengatakan bahwa di usia sekolah SD Khadijah Pandegiling yang genap 10 tahun ini, sudah banyak perkembangan dan kemajuan yang dicapai. Keberhasilan sampai tahun 2017 ini sangat dibantu oleh kerja sama yang baik antara pihak sekolah (termasuk Yayasan) dan wali murid. Di bidang PPDB (penerimaan peserta didik baru), SD Khadijah Pandegiling sudah kebanjiran peminat dari para calon wali murid. Hal ini membuktikan bahwa sekolah ini sudah bisa mempublikasikan keunggulan-keunggulan yang dirasakan oleh wali murid sehingga mampu meningkatkan syiar kemajuan dan prestasi anak-anak. “ sampai ada sebutan dari wali murid, ini SD rasa MI/pondok”, kata bapak yang sebelumnya menjabat sebagai wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. “Prestasi ngajinya ok, budaya tertibnya sudah terbentuk, pembiasaan keagamaannya juga terus ditingkatkan” lanjut  kepala sekolah yang juga sedang menyelesaikan program pascasarjana di almamaterya. (bersambung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *