Harlah Khadijah Ke-63 (1 Agustus 1954)

Taman Pendidikan dan Sosial Nahdlatul Ulama Khadijah bermula dari sebuah kegiatan formal. Lambang pendidikan yang pertama kali didirikan sebagai embrio TPP Khadijah ini adalah Madrasah Muallimat NU dengan masa pendidikan 6 Tahun, yang didirikan pada tanggal 1 Agustus 1954 (2 Dzulhijjah1373 H).

Sebagai lembaga yang bergerak dalam pelayanan masyarakat dituntut untuk selalu dinamis, mampu menyesuaikan dengan tuntutan dan perkembangan masyarakat dan bangsa. Oleh karena itu, lembaga pendidikan ini telah beberapa kali berubah nama. Perubahan pertama adalah dari Madrasah Muallimat NU menjadi Taman Pendidikan Putri NU (TPPNU) (tahun 1960) lalu menjadi TPGNU kemudian berubah menjadi Taman Pendidikan Putri Khadijah (TPP Khadijah) pada tahun 1972. Dan yang terakhir adalah Taman Pendidikan dan Sosial Nahdlatul Ulama Khadijah.

K.H ABDUL WAHAB TURCHAM adalah guru sekaligus pendiri Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial Nahdlatul Ulama Khadijah pada tanggal 2 Dzulhijjah 1373 H atau bertepatan dengan tanggal 1 Agustus 1954. Pemilihan Waktu tersebut mengandung makna dan hikmah yang diharapkan akan menjadi pemicu dan motivasi bagi para pelaksananya, dimana 1 Agustus 1954 jika diartikan berdasarkan kata sangkala maka : 1 = Asal, 8 = Harapan, 1 = Ada, 9 = Ilmu, 5 = Emas, 4 = Dapat. Jadi ” Asal Harapan Ada Ilmu Emas Dapat”.

Ustad Abdul Wahab Turcham, sebagai tokoh yang mendapat kepercayaan dari masyarakat dan organisasi Nahdlatul Ulama untuk mendirikan lembaga ini dikenal ulet, kreatif, disiplin dan berpandangan jauh kedepan . Keuletan beliau dan juga berkat bantuan ulama’ dan tokoh masyarakat di Surabaya, antara lain : KH. Moch. Ridwan; KH. Abdul Fattah Yasin; KH. Abdul Manaf Murtadlo; dan H. Abdul Azis Dijar.

Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial Khadijah memiliki Visi dan Misi sebagai taman pendidikan yang mencetak sumber daya manusia berkualitas dalam keislaman ahlussunnah wal jama’ah, keilmuan global, berwawasan kebangsaan, serta peka social dan lingkungan.

Harapan kami semua semoga Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial Khadijah yang telah berdiri selama 63 Tahun ini dapat menjadi lebih Barokah. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *