Haul KH. Abdul Wahab Turcham ke -24

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memberikan sambutan dalam acara haul ke 24 KH. Abdul Wahab Turcham

khadijah.or.id – Yayasan Khadijah menggelar peringatan haul ke-24 Pendiri Yayasan Khadijah, KH. Abdul Wahab Turcham, Sabtu (20/4/2019. Acara yang  dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, ini diikuti ribuan jamaah dari al khidmah, muslimat, dan civitas Khadijah.

Khofifah Indar Parawansa yang juga murid KH. Abdul Wahab Turcham semasa sekolah di Khadijah, menyampaikan bahwa gurunya tersebut sangatlah inspiratif. Beliau juga mengajak jamaah yang hadir untuk memperbanyak dzikir, sholawat, dan silaturahim. “Kita semua harus memperbanyak dzikir, memperbanyak sholawat, memperbanyak silaturahim supaya yang kita niatkan, kita ucapkan dan kita lakukan berseiring. Mudah-mudahan hati kita dibimbing oleh Allah.”

Sementara itu Ketua PW Muslimat NU Jawa Timur, Masruroh Wahid, menceritakan profil masa lalunya sebagai salah satu siswi dari KH. Abdul Wahab Turcham. Dirinya menceritakan bahwasanya gurunya tersebut menginginkan agar perempuan mendapatkan pendidikan yang layak sehingga dapat menjadi seorang pemimpin, mematahkan stereotip bahwasanya perempuan hidupnya hanya bertumpu pada suami, rumah dan dapur.

KH. Abdul Wahab Turcham lahir pada 1327 H/1915 M dan wafat pada 1416 H/1995 M. Beliau adalah salah satu santri dari pendiri Nahdlatul Ulama Hadratusy Syaikh KH. Hasyim Asy’ari. Tak banyak biografi tentang beliau karena beliau kurang berkenan untuk “dikorek” kehidupan pribadinya. Orang sekitar mengenal KH. Wahab Turcham sebagai orang yang zuhud selalu mengutamakan kepentingan akhirat, beliau dikenal orang yang rajin membaca dan menulis sehingga sikap kepedulian dan tawadlu’ nya sangat tinggi.